Tips Lancar Menjalankan Bisnis Laundry

Dalam menjalankan bisnis laundry tentu tak dapat dipungkiri banyak hambatan dan rintangan yang harus dilalui demi menuju kesuksesan berbisnis laundry. Namun siapapun dapat menjadi sukses dalam berbisnis laundry tak terkecuali bagi pemula.

Beberapa masalah yang silih berganti hadir merupakan hal yang lumrah dan pasti dilalui oleh seluruh pengusaha laundry. namun, selalu ada jalan keluar dari setiap masalah yang hadir. Sebelum terjadinya kendala itu terjadi, anda harus mempersiapkan diri dengan sematang mungkin.

Artikel ini akan membahas apa saja yang harus dipersiapkan seorang owner agar lancar menjalankan bisnis laundry. Sehingga anda dapat terhindari dari adanya kemungkinan masalah yang lebih besar.

Beberapa Cara agar Lancar Menjalankan Bisnis Laundry

1. Menyusun strategi dan rencana usaha laundry dengan matang

Menyusun strategi dan rencana usaha laundry dengan matang
Menyusun strategi dan rencana usaha laundry dengan matang

Untuk menjalankan sebuah bisnis laundry, hal utama yang harus dilakukan tentulah mencari informasi dan menyusun rencana dengan mantang. Rencana yang sangat dibutuhkan agar ketika terjadi masalah dapat dibantu dengan adanya cadangan plan atau solusi lain yang sudah disusun dalam strategi usaha laundry.

Hal yang perlu disusun diantaranya adalah menentukan bagaimana jalannya usaha laundry yang diinginkan. Menyusun strategi pemasaran juga dibutuhkan untuk menarik calon pelanggan laundry agar tertarik menggunakan jasa laundry yang anda tawarkan.

2. Memilih lokasi laundry yang strategis

Lokasi laundry merupakan salah satu hal yang penting untuk dipikirkan dimana lokasi akan menentukan target pasar atau target pembeli yang akan menggunakan jasa laundry anda. lokasi laundry yang strategis akan lebih mudah mendatangkan pelanggan.

Pemukiman padat penduduk, kos-kosan, hingga perkantoran maupun kampus merupakan beberapa lokasi yang dapat dijadikan pilihan untuk membangun tempat laundry. namun yang terpenting adalah menyesuaikan jenis laundry dengan lingkungan. Misal, laundry kiloan akan cocok di sekitar kos-kosan ataupun rumah padat penduduk.

3. Menentukan modal dan harga yang akan diberikan kepada pelanggan

Menentukan modal dan harga yang akan diberikan kepada pelanggan
Menentukan modal dan harga yang akan diberikan kepada pelanggan

Modal atau biaya awal laundry merupakan hal yang sangat penting untuk dipikirkan dalam merintis sebuah usaha laundry. Untuk membeli peralatan dan perlengkapan laundry, pastikan total pembelian keseluruhan mencukupi modal yang ada. Tidak harus mahal yang penting berkualitas.

Menentukan harga tak kalah penting untuk dipikirkan dimana usaha laundry merupakan usaha yang sangat mudah ditiru, sehingga persaingan akan semakin sulit jika anda tidak memberikan harga yang tepat kepada pelanggan laundry.

Usahakan untuk mencari tahu berapa kisaran harga yang ditawarkan di sekitar lingkungan sehingga tidak asal menembak harga. Hindari memberikan harga yang terlalu tinggi agar customer tidak ragu menggunakan laundry anda kembali, namun perlu diperhatikan, meskipun customer menyukai harga yang murah, pikirkan juga dengan harga yang ditentukan apakah sudah sesuai sehingga tidak mengalami kerugian.

4. Merekrut karyawan laundry yang berkompeten

Pilihlah karyawan laundry yang berkompeten dan berpengalam demi menghindari kemungkinan kesalahan saat menjalan usaha laundry. memang tidak ada salahnya merekrut lulusan baru tanpa pengalaman, namun akan lebih mudah jika anda memilih yang sudah memiliki pengalaman dibidang laundry sebelumnya.

5. Menggunakan aplikasi laundry terlengkap

Aplikasi laundry merupakan salah satu cara yang tepat untuk anda meringankan beban dalam menjalankan usaha laundry. Saku Laundry hadir menawarkan berbagai macam kemudahan yang dapat dimanfaatkan owner laundry.

Saku laundry merupakan salah satu aplikasi untuk laundry yang memiliki fitur terlengkap. Diantaranya dapat menjalankan transaksi dengan menentukan sevice yang diinginkan pelanggan. Layanan antar jemput dengan akun driver dan akun customer. Dapat melihat laporan keuangan pemasukan maupun catatan, hingga memantau kinerja karyawan laundry dan masih banyak lagi keuntungannya.

6. Mengutamakan keramahan dalam melayani pelanggan

Menggunakan aplikasi laundry terlengkap
Menggunakan aplikasi laundry terlengkap

Berikan pelayanan yang terbaik, seperti bertutur kata yang sopan, melayani dengan sepenuh hati. Pelayanan merupakan kesan pertama yang akan ditunjukan oleh pelanggan. Tanya keinginan pelanggan secara halus dengan penyampaian yang jelas.

7. Membeli beberapa pilihan deterjen dan softener 

Hal yang tak terlewatkan adalah memilih deterjen dan pelembut pakaian yang cocok dan berkualitas. Ingat bahwa tidak semua orang menyukai wangi yang sama. Sehingga paling tidak anda menyiapkan beberapa pilihan untuk customer agar dapat menentukan wangi yang diinginkan. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *