Cara Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Belajar bahasa Mandarin bagi sebagian orang bukanlah yang mudah, bahasa Mandarin memiliki cara pelafalan dan penulisan hurufnya sendiri yang berbeda dengan bahasa Indonesia atau pun bahasa lainnya. Sehingga sering kali dianggap bahasa Mandarin adalah bahasa yang sangat susah karena bahasa ini juga memiliki intonasi yang berbeda – beda saat diucapkan.

Namun sekarang kamu tidak perlu lagi merasa jika belajar bahasa Mandarin adalah hal yang menakutkan. Karena sekarang ini sudah banyak bermunculan tempat kursus Mandarin, yang akan memberitahumu cara belajar bahasa Mandarin bagi pemula. Mulai dari pengetahuan dasar bahasa Mandarin, apa saja yang harus dipersiapkan untuk belajar bahasa Mandarin dan lain sebagainya.

Hànyǔ Pīnyīn (汉语拼音) atau sering disingkat sebagai Pīnyīn. Secara harafiah artinya adalah “bunyi bersama bahasa”, Pīnyīn di dalam bahasa mandarin adalah sebuah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Taiwan, Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia, dan Singapura. Romanisasi adalah pengalihan aksara atau huruf dari yang non – latin menjadi huruf latin.

Sehingga salah satu cara bagi pemula untuk belajar bahasa Mandarin dasar adalah dengan mempelajari Pīnyīn. Selain kegunaannya sebagai bentuk romanisasi, ternyata Pīnyīn juga bentuk penyederhanaan kata. Pīnyīn juga digunakan untuk membantu kita melafalkan intonasi yang ada pada huruf Mandarin. Hal ini digunakan untuk menghindari kesalah dalam kita melafalkan huruf Mandarin bagi kamu yang pemula.

Bahasa Mandarin sendiri memiliki empat jenis intonasi yang harus kamu ketahui, karena dengan keempat jenis intonasi tersebut dapat menentukan arti dari sebuah kata. Hal ini awalnya akan membingungkan bagi kamu yang baru mempelajari bahasa Mandarin. Banyak juga yang beranggapan bahwa dalam mempelajari intonasi bahasa Mandarin adalah hal yang sulit.

Jenis Intonasi Bahasa Mandarin, Apa Saja ?

Di dalam bahasa Mandarin sendiri terdapat empat jenis intonasi yaitu yang pertama adalah intonasi data (ping), intonasi naik (shang), intonasi memantul (qu), intonasi agak menghentak (ru). Satu kata yang sama di dalam bahasa Mandarin dapat memiliki arti yang berbeda jika diucapkan dengan intonasi yang berbeda, sehingga hal ini lah mengapa intonasi menjadi hal yang sangat penting dalam kamu berbahasa Mandarin.

Cara dalam belajar bahasa Mandarin bagi pemula lainnya adalah dengan mendengarkan bahasa Mandarin. Kamu bisa mendengarkannya melalui lagu dengan berbahasa Mandarin, film bahasa Mandarin, dan mendengarkan percakapan bahasa Mandarin.

Hal ini dilakukan untuk membiasakan kamu dalam mendengar dan berbahasa Mandarin, sehingga kamu akan semakin familiar dan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Mandarin. Kamu pun juga akan terbiasa mendengar intonasi – intonasi Mandarin jadi akan lebih memudahkan kamu untuk memahaminya.

Kemudian kamu juga harus melatih tulisan bahasa Mandarin, kamu dapat melakukan latihan menulis Mandarin ini setiap hari agar terbiasa. Dengan kamu terbiasa menulis Mandarin, kamu bisa menghafalkan dan mengerti bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat.

Selanjutnya, bagi kamu pemula yang ingin belajar berbahasa Mandarin salah satu cara yang paling penting adalah menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari – hari. Meskipun hal ini terdengar aneh namun kamu harus terbiasa menggunakannya di dalam kegiatan sehari – hari.

Kamu bisa mencoba berbincang dengan mencari teman di dunia maya yang berbahasa Mandarin, dengan menggunakan teknologi video call atau voice chat. Karena dengan kamu menggunakan bahasa Mandarin di dalam kehidupan sehari – hari maka kamu akan terlatih dan terbiasa dalam memproduksi setiap kata – kata dalam bahasa Mandarin.

Terakhir cara yang dapat dilakukan untuk pemula adalah dengan belajar berbahasa Mandarin mengikuti kursus bahasa Mandarin. Sekarang untuk mengikuti kursus bahasa Mandarin sudah tidak sulit lagi karena sudah banyak kursus – kursus bahasa Mandarin yang offline mau pun online.

Sehingga hal ini memudahkan bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan dan tidak mempunyai waktu yang cukup banyak. Kamu sekarang ini bisa dengan mudah memilih waktu dalam mengikuti kursus Mandarin, kamu bisa mempelajari bahasa Mandarin online kapan pun dan di manapun.

Diatas tersebut sudah dijelaskan bagaimana caranya untuk belajar bahasa Mandarin bagi pemula. Memang setiap orang memiliki preferensi atau kesukaan sendiri – sendiri dalam mempelajari suatu hal, sehingga semuanya hanya tinggal tergantung dari masing – masing orangnya saja.

Kamu harus memiiki ketekunan dalam mempelajari bahasa Mandari menggunakan teknik – teknik yang sudah disebutkan diatas seperti mempelajari Hànyǔ Pīnyīn, mempelajari intonasi di dalam bahasa Mandarin, sering mendengarkan bahasa Mandarin melalui lagu, film dan juga percakapan. Lalu melatih untuk menulis tulisan bahasa Mandarin, menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari – hari dan yang terakhir adalah mengikuti kursus Mandarin.

Dengan ketekunan, kerajinan, dan komitmen akan membantu kamu dalam mempelajari bahasa asing khsusunya bahasa Mandarin. Sehingga kamu harus memiliki ketiga hal tersebut untuk membantu kamu semangat dalam mempelajari bahasa Mandarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *