SehatQ: 5 Pilihan Kelas Yoga yang Bisa Dicoba

Yoga merupakan olahraga yang cukup populer. Olahraga ini terkenal bisa untuk relaksasi. Biasanya orang-orang mengikuti kelas yoga di sebuah studio atau memanggil instruktur ke rumah. Dalam kelas tersebut biasanya terdapat beberapa jenis yoga. Anda bisa memilih jenis yoga yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis yoga yang harus Anda ketahui sebelum mengikuti kelas.

5 Pilihan Kelas Yoga yang Bisa Dicoba
5 Pilihan Kelas Yoga yang Bisa Dicoba

Jenis-Jenis Kelas Yoga

Hatha yoga

Jenis yoga ini memberikan beberapa gerakan dasar dengan tujuan untuk menyelaraskan gerakan dengan pernapasan. Jenis yoga ini lebih tenang dan lambat. Berdasarkan review, yoga ini cocok untuk Anda yang baru memulai olahraga ini. dengan berlatih hatha yoga, Anda juga bisa mengetahui beberapa gerakan dasar dari olahraga ini. Ketika gerakan dasar sudah dikuasai, maka gerakan lanjutan akan lebih mudah dilakukan.

Vinyasa yoga

Jenis olahraga ini akan mengajarkan cara melakukan gerakan secara dinamis dengan kordinasi penuh dari fisik, postur, dan pernapasan. Vinyasa yoga memiliki gerakan bertempo cepat dan menggunakan gerakan bebas. Biasanya instruktur akan memberikan pengarahan atau panduan dari akhir hingga awal, jadi jangan khawatir untuk Anda yang tidak mengetahui tentang tipe yoga ini.

Jenis ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan hal-hal yang spontan, dinamis, dan tidak rutin. Disini Anda akan mendapatkan gerakan yang selalu berbeda sehingga tidak akan bosan. Meskipun demikian, olahraga ini harus tetap dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sesuai dengan arahan pelatih agar tidak terjadi kesalahan.

Ashtanga yoga

Kelas yoga yang satu ini menerapkan gerakan yang dinamis, intens, dan terasa atletik. Ada banyak rangkaian pose yang bisa diikuti. Secara umum terdapat dua metode dalam kelas ini. pertama led class atau kelas dengan panduan guru. Kedua mysore yaitu latihan dengan mengikuti postur tertentu tanpa ada panduan dari instruktur.

Jenis yoga yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki komitmen penuh dan dedikasi yang tinggi. Gerakannya cukup menantang sehingga cocok untuk Anda yang biasa olahraga. Bagi Anda yang suka dengan olahraga santai namun menantang, asthanga yoga bisa menjadi pilihan.

Iyengar yoga

Jenis yoga yang satu ini berfokus pada presisi postur tubuh dan memperhatikan anatomi tubuh. Saat mengikuti kelas yoga ini, Anda akan mendapatkan beberapa gerakan dalam waktu yang cukup lama. Biasanya jenis yoga ini juga  menggunakan alat bantu untuk mempermudah gerakan.

Gerakan iyengar yoga sangat sistematis. Tujuannya agar meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stabilitas. Jenis yoga ini cocok untuk Anda yang suka dengan hal-hal detail dan sedang ingin melakukan terapi penyembuhan sebuah penyakit. Namun saat menjalankan olahraga ini dianjurkan bersama pelatih profesional agar tidak terjadi kesalahan.

 Hot yoga

Olahraga yoga ini dilakukand alam sebuah ruangan yang sengaja dipanaskan. Biasanya ruangan yang digunakan memiliki suhu kurang lebih 42 derajat celcius. Gerakan yoga ini berujuan untuk melatih kelenturan dan meningkaykan kekuatan tubuh. Hot yoga ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati olahraga berkeringat dan memberikan efek detoks untuk kesehatan.

Tips Agar Tidak Bosan Mengikuti Kelas Yoga

Setelah mengetahui jenis yoga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar tidak bosan selama mengikuti kelas yoga, beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti.

Menggabungkan materi

Olahraga yoga memiliki gerakan yang cukup beragam. Saat Anda mulai bosan dengan gerakan yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba menggabungkan gerakan lain agar tidak bosan. Biasanya instruktur yoga juga akan memberikan gerakan yang beragam sehingga olahraga lebih menyenangkan.

Pilih kelas yang paling sesuai

Memilih kelas yang paling sesuai dengan Anda akan membuat olahraga semakin menyenangkan. Anda juga jadi lebih bersemangat karena gerakan atau materi yang diberikan sesuai dengan keinginan Anda.

Pilih instruktur yang menyenangkan

Pelatih atau instruktur yang menyenangkan dan bersahabat akan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih seru. Anda juga akan lebih bersemangat ketika berolahraga bersama orang yang tepat.

Demikian beberapa jenis kelas yoga beserta tips agar selama olahraga tidak bosan. Anda bisa memilih salah satu kelas yang paling sesuai dengan diri Anda, dan menerapkan tips yang sudah kami berikan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *