Jarak Tendangan Bebas Sepak Bola

Sepak bola mengenali ada sepakan bebas sebagai wujud hukuman atas sebuah pelanggaran seorang pemain team yang bertahan di dalam tempat bermainnya sendiri. Wujud sepakan bebas terdiri jadi dua yaitu langsung atau tidak langsung ke gawang musuh, tergantung pada wujud pelanggaran yang menyusulnya.

Sepak bola olah fisik dapat dilaksanakan di stadion, lapangan umum, pelataran rumah dan lain-lain. Lapangan sepak bola berpentuk segi panjang dengan panjang ukuran 90 m – 120 m (untuk rasio internasional 100 m – 110 m) dan lebar 45 m – 90 m (untuk rasio internasional 64 m – 75 m). Di antara lebar dan panjang sepak bola mempunyai perbedaan 2 : 1 atau lebih. Waktu laga sepak bola yakni 2 × 45 menit maknanya dalam tiap set mempunyai waktu 45 menit dengan istirahat 15 menit.

Sepakan bebas diberikan langsung oleh wasit ke sebuah team jika pemainnya dilanggar tim musuh, bermaksud menghentikannya secara menyengaja. Hukuman berbentuk sepakan bebas langsung atas tipe pelanggaran itu, termasuk menggenggam bola secara menyengaja (handball), akan diberi pas di titik berlangsungnya peristiwa.

Pemain bertahan sebuah team dibolehkan membuat perlindungan gawang dengan membuat tembok atau pagar betis menghadap bola dan penendangnya. Tetapi, ada ketentuan mendalam mengenai jarak dan status pagar hidup dari bola atau titik sepakan bebas dilaksanakan. Peroleh info, ide dan insight di e-mail kamu.

Merilis dari buku sah ketentuan sepak bola atau Laws of the Games oleh Dewan Federasi Sepak Bola Internasional (IFAB), jarak dari pemain musuh dengan bola sepakan bebas jangan kurang dari 9,15 mtr.. Oleh karenanya, formasi tembok atau pagar betis membuat perlindungan gawang di dalam permainan sepak bola jangan memiliki jarak kurang dari 9,15 mtr. di muka bola atau titik sepakan bebas.

Namun ketentuan ini berlaku secara eksklusif jika sepakan bebas dilaksanakan secara resmi, berdasar instruksi wasit. Sepakan bebas resmi terjadi jika ada keinginan dari team yang menerima sepakan bebas untuk atur jarak tiap pemain musuh dari bola ke wasit. Dengan demikian, wasit tidak meluluskan pemain mana saja ambil sepakan bebas sampai pagar hidup ada dalam jarak sama sesuai ketentuan.

Mencuplik situs Liga Sepak Bola Amerika Serikat (USSF), sepakan bebas resmi bisa juga dilaksanakan saat ada pelanggaran berbuah kartu atau pemain yang alami cidera. Kebalikannya, sepakan bebas dapat dilaksanakan secara cepat (quick free kick) tanpa mengangsung jarak pemain musuh dari bola.

Usaha sepakan bebas cepat itu dapat dilaksanakan bila pemain yang ambilnya telah penuhi persyaratan seperti menempatkan bola di titik yang dipilih wasit dan bola pada kondisi diam saat akan disepak. Umumnya bola lalu disepak ke arah rekanan segrup atau berbentuk umpan, yang bisa digunakan selanjutnya untuk melepas sepakan langsung ke gawang musuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *