Sejarah Olahraga Dalam Permainan Softball

Permainan olahraga softball atau biasa disebut dengan sofbol adalah permainan yang menggunakan bola kecil dan alat pukul yang bernama stik. Permainan olahraga ini dimainkan secara beregu atau berkelompok, dengan jumlah 9 pemain per tim. Olahraga permainan sofbol ini hanya terdiri dari dua tim. Serta memiliki posisi sebagai Pitcher, Catcher, Baseman, serta shortstop. Permainan olahraga bola kecil ini memiliki tata cara bermain yang mudah dipahami sehingga tidak heran klub klub ataupun sekolah sering mengadakan permainan olahraga ini.

Setiap cabang olahraga pasti memiliki sejarah yang berbeda beda, begitupun dengan olahraga permainan softball. bagaimana dan seperti apa sejarah dari olahraga permainan softball ini ? mari kita pelajari Bersama.

Sejarah olahraga permainan softball

Sejarah bukan hal yang harus dihidari, melainkan harus dipelajari dan di amati. Sejarah mempunyai banyak manfaat jika kita pelajari dengan benar, kita dapat ilmu baru dan mengetahui apa yang terjaadi di masa lalu sebelum kita ada. Sejarah dalam olahraga sendiri mempunyai arti yang sangat luas, ada yang mengatakan bahwa sejarah dalam olahraga memiliki kaitan dengan ritual, peperangan dan juga hiburan. Sejarah olahraga memberikan perubahan sosial dan perubahan tentang hakikat olahraga itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui sejarah adalah peristiwa masa lampau yang dapat dipelajari, tidak hanya mempelajari tentang Teknik dasar permainan olahraga softball kita juga harus dapat mengetahui bagaimana dan seperti apa sejarah dalam permainan olahraga softball ini.

Permainan bola kecil ini pertama kali tercipta pada tahun 1887 oleh George Hancock, tidak hanya berhenti pada tahun itu, sejarah permainan softball ini terus berkembang dari masa ke masa. Dan pada tahun 1906, ada seorang ahli yang kemudian menyusun peraturan dalam permainan softball bernama Lewis Robert. Kemudian peraturan peraturan tersebut pada tahun 1916 mengalami penyempurnaan oleh Matthew, dan kemudian peraturan tersebut dipakai hingga saat ini.

Pada abad ke 20 olaraga permainan softball menjadi permainan yang dimainkan diluar ruangan, yang awalnya permainan softball ini sebenarnya adalah permainan yang dimainkan dalam ruangan. Lalu pada tahun 1980, terbentuklah organisasi yang bernamana Nation Amateur Playground Ball Association of The United States. Organisasi itulah yang mengatur tentang adanya aturan bahwan permainan sofbol ini dapat dilakukan di luar ruangan dengan menggunakan bola yang ukurannya jauh lebih besar.

Dan pada tahun 1923 sejarah softball ini masih berlanjut, the National Recreation Congress atau disebut dengan kongeres Rekreasi Nasional ini meminta kepada komisi supaya membuat standar bagi olahraga bola kecil yang satu ini. Sehingga pada akhirnya tahun 1926 terlahirlah nama “softball” walaupun pada saat itu nama softball masih belum di resmikan.

Barulah nama softball menjadi resmi digunakan pada tahun 1933. Permainan bola kecil ini terus berkembang dan semakin banyak yang mengetahui dan mengenal, dan sudah ada 125.000 tim yang tercatat di Asosiasi sofbol Amatir Amerika pada sekitar tahun 1960 an, tidak terkecuali Indonesia.

Dari penjelasan diatas dapat kita lihat dan pelajari bahwa betapa pentingnya kita belajar sejarah, jika tanpa adanya sejarah kita tidak dapat mengetahui bagaimana permainan olahraga softball ini terbentuk serta berkembang sampai saat ini. tidak hanya sejarah olahraga dalam permainan softball kita juga dapat mempelajari sejarah sejarah dalam olahraga, seperti bulu tangkis, sepak bola, lompat jauh, dan lain sebagainya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *