SehatQ: Manfaat, Risiko, dan Cara Memilih Merek Dot Bayi

Dot bayi menjadi benda penting untuk para orang tua yang memiliki bayi atau anak kecil. Biasanya orang tua memberikan dot sebagai empeng agar bayi tidak rewel. Banyak merek dot bayi yang sudah dijual tentunya dengan keunggulannya masing-masing.

Manfaat Dot untuk Bayi

Namun sebelum membeli dot untuk anak Anda, pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu manfaat dari dot. Mengutip dari laman Alodokter, berikut beberapa manfaat menggunakan dot bayi.

1. Menurunkan risiko bayi mengalami SIDS

SIDS atau sudden infant death syndrome merupakan kondisi bisa menyebabkan bayi meninggal mendadak. Biasanya kondisi ini terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun dan terjadi tanpa gejala. Beberapa studi menyebutkan bahwa dot dapat mengurangi risiko terjadinya sindrom tersebut. Meskipun demikian masih perlu adanya penelitian lebih lanjut.

2. Membuat bayi lebih tenang

Manfaat dot bayi selanjutnya yaitu bisa menenangkan bayi lebih tenang. Maka dari itu, banyak orang tua yang memberikan dot saat bayi sedang rewel. Dot juga bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian bayi, terlebih saat sedang menjalani prosedur kesehatan seperti imunisasi.

Risiko Penggunaan Dot Bayi Berlebihan

Selain manfaat, sebelum Anda membeli salah satu merek dot bayi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu risiko penggunaan dot bayi berlebih. Berikut dua risiko yang bisa terjadi jika terlalu sering menggunakan dot.

1. Bisa menyebabkan gangguan telinga

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang terlalu sering menggunakan dot berisiko mengalami gangguan pada telinga seperti infeksi telinga. Maka dari itu, sebaiknya batasi penggunaan dot sampai bayi menginjak waktu 6 bulan.

2. Menyebabkan gangguan pada gigi

Risiko lain jika sering menggunakan dot yaitu berisiko menyebabkan masalah pada gigi anak, terutama untuk anak usia 2 tahun. Namun risiko tersebut bisa hilang ketika anak tidak lagi menggunakan dot.

Cara Memilih Dot Bayi dengan Tepat

Untuk menghindari risiko penggunaan dot, Anda bisa mengantisipasi dengan cara memilih merek dot bayi yang tepat. Berikut ini beberapa cara memilih merek dot bayi dengan tepat.

1. Pilih dot sesuai dengan usia bayi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu pastikan memilih dot bayi sesuai dengan usia bayi. Saat bayi masih berusia 0-3 bulan bisa menggunakan dot ukuran S, bayi usia 3-6 berukuran M, dan 6 bulan ke atas menggunakan dot ukuran L.

Perbedaan ukuran tersebut akan mempengaruhi lubang dot. Semakin besar ukuran dot, maka lubangnya semakin besar. Jika bayi usia 0-3 bulan menggunakan dot besar, maka berisiko membuat bayi tersedak.

2. Cari dot yang sesuai dengan kebutuhan

Cara memilih merek dot bayi dengan tepat selanjutnya yaitu carilah dot sesuai kebutuhan. Ikatan Dokter Anak Indonesia tidak merekomendasikan dot digunakan untuk bayi usai 3-4 minggu. Sebab bayi baru lahir masih dalam masa pekenalan puting susu ibu serta melancarkan kemampuan menyusu. Saat bayi sudah terlatih minum susu, maka Anda bisa memberikan dot sesuai kebutuhan bayi.

3. Memilih dot dengan bahan berkualitas

Cara lain yang bisa Anda lakukan sebelum membeli merek dot bayi yaitu pilihlah dot berbahan kualitas. Hal ini ini sangat berhubungan dengan keamanan penggunaan dot untuk bayi. Tak hanya perihal keamanan, dot dengan bahan berkualitas juga lebih tahan lama dan mengurangi adanya tindakan medis. Sehingga Anda tidak perlu membeli dot terus menerus. Bahan yang berkualitas juga membuat bayi lebih nyaman saat menggunakan dot.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.