Memandikan Kucing Yang Benar dan Nyaman!

Memandikan kucing pasti menjadi tugas besar buat pemilik kucing.

Kucing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Tingkah lucunya bisa membuat kamu heran bahkan sampai geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, kucing sangat suka bermain dan tingkahnya juga menggemaskan. Kamu juga pasti sering menemukan aksi unik yang sering dilakukan oleh hewan berbulu tersebut.

7 Cara Memandikan Kucing dengan Benar, Ikuti Langkahnya!

Selain dapat membuat bahagia, hewan seperti kucing ternyata juga dapat berdampak lebih dalam kehidupan seseorang. Namun, terlepas dari hal itu, tentu menjadi tidak nyaman ketika kamu mencium aroma tidak sedap dari tubuh kucing kesayanganmu.

Segala tingkah lucu kucing kesayanganmu bisa saja tak lagi menarik karena aroma tidak sedap atau tampilannya yang lusuh. Kamu pasti ingin membawa kucing kamu ke petshop agar kucing tampak bersih kembali.

Sayangnya, terlalu sering ke petshop untuk memandikan kucing juga dapat mengeluarkan modal yang sangat besar.

Kebanyakan orang telah mengetahui bahwa kucing benci jika terkena air. Kucing kotor pasti harus segera dimandikan.

Kucing ketika ingin dimandikan maka perlu menentukan waktu yang tepat terlebih dahulu. Pastikan kucing dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perut kucing tidak dalam keadaan kosong. Salah satu caranya dengan memberi makan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing, tunggu suasana hatinya baik baru siap dimandikan.

Kucing baiknya dimandikan seminggu sekali. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering dimandikan. Jika terpaksa dan tampak kotor terlihat banyak kutu di tubuhnya segeralah dimandikan sebelum kutu tersebut beranak lebih banyak lagi.

Memandikan Kucing: Tipsnya adalah…

Jika kucing ingin dimandikan perlu mempersiapkan kebutuhan kucing seperti sampo kucing, kendi, handuk, kain, dan cotton bud ingin membersihkan telinga. Jika butuh perlindungan bisa juga menggunakan sarung tangan karet untuk melindungi diri dari goresan,

Untuk membantu Anda dan kucing tetap bahagia, berikut adalah enam langkah yang dijelaskan secara rinci bersama dengan beberapa rekomendasi produk.

Cara Memandikan Kucing yang Benar Agar Tidak Berontak, Butuh Kesabaran -  Citizen6 Liputan6.com

Memandikan Kucing Langkah 1: Isi Air Hangat

Jauh lebih mudah untuk memandikan kucing di wastafel daripada di bak. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai kucing dengan nyaman, dan mereka mungkin kurang stres di wastafel daripada di bak mandi besar. Pastikan untuk menjaga air suam-suam kuku, karena air dingin dan panas dapat membuat kucing Anda tidak nyaman dan membuat mereka menjadi lebih gugup di sekitar air di masa depan.

Memandikan Kucing Langkah 2: Basahi Kucing

Baik menggunakan tangan atau kendi Anda, buat kucing Anda nyaman dan basah. Saat menghindari wajah, oleskan shampo. Produk-produk seperti Burt’s Bees for Cats direkomendasikan. Ini hypoallergenic, tidak mengandung bahan berbahaya, dan menjaga bulunya lembut dan terkondisi.

Pastikan untuk tidak memasukkan air ke telinga kucing Anda. Jika Anda melakukannya, pastikan untuk mengeringkan telinga, karena bisa menyebabkan ragi tumbuh.

Langkah 3: Beri Shampoo dan Bilas

Seperti yang Anda lakukan pada rambut Anda sendiri, menyabuni sampo, memijatnya menjadi bulu kucing. Jika shampo diberi obat untuk mengobati kutu atau infeksi, seperti Shampo Obat Antiseptik & Antijamur dari Pet MD, Anda ingin membiarkannya selama beberapa menit. Jika tidak, bilas menggunakan teko, pastikan untuk mendapatkan semuanya.

11 Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Kucing Secara Alami, Praktis dan  Efektif - Hot Liputan6.com

Langkah 4: Bersihkan Wajah Kucing

Jangan mencoba dan mendapatkan air langsung di wajah kucing Anda, karena itu cara mudah untuk berakhir dengan kucing yang marah. Sebaliknya, gunakan kain lembab untuk membersihkan wajahnya.

Langkah 5: Kapas untuk Telinga Kucing

Anda mungkin ingin memeriksa telinga kucing Anda untuk melihat apakah mereka perlu dibersihkan. Anda ingin membersihkannya setidaknya setahun sekali.

Masukkan beberapa tetes pembersih telinga bebas alkohol ke kedua telinga, seperti Virbac Epi-Otic Advanced Ear Cleaner. Ini cepat kering dan tidak mengandung bahan berbahaya. Kemudian, biarkan kucing Anda menggelengkan kepalanya dan bergerak seperti biasanya. Ini memungkinkan pembersih mengusir lilin dan penumpukan.

Kemudian rendam bola kapas di pembersih dan gunakan untuk membersihkan telinga kucing, pastikan untuk tidak mendorong terlalu dalam.

Anabul sedang dibersihkan

Langkah 6: Bungkus Kucing dengan Handuk

Angkat kucing Anda ke handuk besar dan lilitkan di sekelilingnya. Keringkan bulunya sebaik mungkin, singkirkan sebanyak mungkin air. Jika kucing berambut panjang, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pengering rambut, tetapi hanya jika kucing tidak takut dengan suara.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda seharusnya tidak memiliki masalah untuk memandikan kucing yang tidak tersentuh sekalipun. Tetapi jika Anda memiliki masalah, pertimbangkan untuk menggunakan groomer profesional.

Anabul Menggunakan Handuk

 

BACA JUGA: CARA MEMANDIKAN HAMSTER YANG BENAR!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *