Penyebab Laptop Mati Total Wajib Waspadai

Penyebab laptop mati itu bisa berbagai faktor. Laptop pasti memiliki keunggulan masing-masing di berbagai tipe. Namun dibalik keunggulannya pun, pasti ada saja yang menyebabkan laptop menjadi bermasalah.

Salah satu faktornya, laptop bisa mati secara terus menerus. Jika hal tersebut terjadi, maka wajib diwaspadai. Dengan begitu, bisa menurunkan performa dan produktivitas dari laptop yang sangat signifikan sehingga tidak nyaman ketika digunakan. Solusi dari permasalahan itu pastilah pergi ke service center laptop. Sedangkan cara mengatasi laptop lemot itu sangat mudah, jangan menjalankan aplikasi yang tidak digunakan dan juga jangan mengakses websit atau link yang ilegal karena terdapat malware yang bisa merusak sistem laptop.

Tetapi sebelum hal tersebut terjadi dan menghabiskan sejumlah uang yang cukup banyak, bisa kita ketahui apa saja pemicu dari laptop menjadi mati total.

Berikut Penyebab Laptop Mati Total, Yaitu:

Baterai Bermasalah

Baterai bisa menyebabkan laptop menjadi sangat bermasalah. Sumber energi untuk menyimpan daya terdapat dari baterai. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menyebabkan laptop menjadi problem.

Penyebab Laptop Mati

Processor Bermasalah

Processor bisa membuat laptop menjadi bermasalah. Jika processor mengalami kerusakan, maka pasti laptop tersebut akan bermasalah dan menyebabkan tidak berfungsi dengan maksimal. Bisa jadi processor mengalami overheat atau panas yang berlebihan, bisa juga processor nya kotor dan kering sehingga menjadi masalah.

Ini Prosesor Terbaik untuk Laptop Gaming, Apa Saja? : Okezone techno

Adaptor Laptop

Pada bagian ini juga adaptor bisa menyebabkan laptop menjadi problem. Kita bisa mengecek di daya yang masuk ke laptop, pastikan daya listrik itu terhubung melalui stabilizer yang digunakan. Jika output stabilizer menunjukan tidak sesuai dengan tegangan yang terukur maka bisa dipastikan terjadi masalah pada stabilizer tersebut.

Janganlah lupa untuk memeriksa adaptor, sudahkah berpijar atau mungkin tidak. Bila tidak berpijar memiliki arti ini memungkinkannya ada kerusakan pada adaptor netbook Anda. Check ikatan kabel adaptor karena umum terjadi kabel power memiliki masalah karena langkah penggunaan yang asal-asalan. Pakai adaptor yang lain energinya pas untuk hidupkan netbook Anda untuk pastikan adaptor memiliki masalah maupun tidak. Apabila adaptor dan kabelnya normal, karena itu persoal bisa disebabkan karena kerusakan elemen power.

Harga ASUS 19V 3.42A 4.0 x 1.5mm & Spesifikasi Juli 2021 | Pricebook

RAM Pada Laptop

Random Access Memory atau biasa kita kenal dengan RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang digunakan. Saat lampu indikator, kipas, dan mesin menyala tetapi layar tidak menampilkan apapun, ini perlu dicurigai. Sebab hal itu menandakan penyebab laptop mati total yang berkemungkinan terjadi kerusakan pada bagian RAM.

Hingga bisa membuat tidak berhasilnya proses pemrosesan data buat diperlihatkan dan membuat monitor jadi blank. Buat pastikan hal itu, Anda dapat melepaskan RAM dan bersihkan pinnya dengan penghapus pensil dan pasang lagi. Pasang RAM ke socket yang lain jika ada sekitar 2 socket RAM pada mainboard netbook Anda. Anda pun perlu pastikan jika RAM yang dipasang pada keadaan prima. Bila netbook masih tampilkan monitor blank, itu sebuah tanda-tanda kerusakan pada RAM dan dianjurkan supaya selekasnya menukarnya sama yang baru.

Cara Menambahkan Ram pada Komputer atau Laptop | PUCC

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *