Film Bajakan Banyak Beredar di TikTok 2021

Semua orang pasti memiliki film favorit mereka masing-masing. Ada banyak cara untuk menonton film secara gratis dan legal. Namun ada juga film bajakan yang beredar di dunia maya saat ini. Contohnya seperti aplikasi video pendek yang terkenal yakni TikTok.

Tanggapan TikTok Terkait Film Bajakan

TikTok mengeklaim bahwa mereka selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan pemakai di Indonesia, terhitung untuk beberapa aktor industri film tanah air. Head of Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra mengatakan bahwa dari TikTok selalu akan respect terhadap HAKI atau hak intelektual dari semua pihak dan selalu support kepada para pengggunanya untuk respect.

Film Bajakan beredar di tiktok

“Ini adalah area penting bagi TikTok dan kami akan terus mengevaluasi serta meningkatkan kebijakan, proses, dan sistem kami sebagai bagian dari komitmen TikTok dalam melindungi pengguna dari pelanggaran hak cipta,” tutur Head of Operations TikTok Angga.

Hal tersebut disampaikan saat mengumumkan bahwa TikTok akan melangsungkan rangkaian acara berupa diskusi panel dan Awards Night oleh Sundance Film Festival: Asia, acara festival film independen kelas dunia. TikTok merupakan salah satu aplikasi favorit semua orang khususnya pemuda milenials karena bisa berbagi inspirasi dari video pendek, yang dilengkapi dengan lagu tiktok viral.

Acara yang berjalan mulai 23 sampai 26 September 2021 ini akan mengulas beragam topik sekitar perfilman bersama beberapa pakar dan aktor di industri itu. Sementara itu, Komika juga berprofesi sebagai Sutradara Ernest Prakasa sempat protes TikTok karena banyak account yang mengupload potongan film di basis itu.

Cuitan Ernest Prakasa terkait film bajakan di tiktok

Hal ini karena TikTok justru kini banyak dihuni oleh konten film bajakan yang jelas merugikan bagi para pembuat film. “Saya tantang @tiktokIDN untuk buat statement terbuka soal ini. Akui bahwa platformnya banyak dihuni film bajakan & nyatakan bahwa ada niat untuk memerangi itu,” ujar Ernest dalam akun Twitter @ernestprakasa, Minggu (19/9/2021). Sutradara film Imperfect itu memandang TikTok malah masih nikmati trafik yang tiba dari content bajakan. Dia lalu memperbandingkan dengan YouTube yang dipandang lebih bagus karena mempunyai mekanisme khusus untuk mengetahui content bajakan.

Ernest Prakasa Pertanyakan Keseriusan TikTok Perangi Film Bajakan

“Meskipun belum sempurna, tapi platform UGC seperti YouTube punya sistem & itikad baik untuk memerangi pembajakan, Perkara BISA memang masih diusahakan, tapi yang penting, perkara MAU nya dulu. @tiktokIDN, sampai saat ini, masih tampak menikmati keadaan.” tutur Ernest sutradara Imperfect.

Menurut Ernest, platform berbagi video pendek seperti TikTok yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja bisa memberikan edukasi terkait pembajakan. “Dalam hal pembajakan, seharusnya memberikan EDUKASI, bukan malah FASILITASI,” ucap Ernest. Faktanya, ada banyak konten kreator TikTok yang mendapatkan engagement tinggi karena konten film bajakan.

Baca Juga: Video Youtube ini Bernilai 10 Milyar!

Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *