Sirkuit Mandalika jadi Tuan Rumah MotoGP 2022

Pelintasan motor balap dari Indonesia, Sirkuit Mandalika, masuk ke kalender World Superbike (WSBK) dan MotoGP. Circuit Mandalika yang sudah ganti nama jadi Pertamina Mandalika International Street Sirkuit akan melangsungkan seri penutup WSBK 2021, November kedepan. Dikutip dari situs sah WSBK, Circuit Mandalika masuk ke seri ke-13 yang bertema Pirelli Indonesian Round. Pelintasan balap yang berada di Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, itu direncanakan akan melangsungkan seri penutup WSBK 2021, pada 19-21 November 2021.

Selainnya akan melangsungkan gelaran motor balap WSBK, Sirkuit Mandalika masuk ke kalender sementara MotoGP 2022. Diambil dari situs sah MotoGP, Circuit Mandalika itu akan jadi venue balapan GP Indonesia yang direncanakan akan diadakan pada 20 Maret 2022, atau beberapa minggu sesudah babak pembuka di Qatar pada 6 Maret.

Selainnya masuk ke kalender sementara, Mandalika akan jadi lokasi test pramusim MotoGP. Berdasar agenda yang dikeluarkan oleh faksi MotoGP, Sirkuit Mandalika bisa menjadi lokasi test pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Walau Sirkuit Mandalika masuk ke kalender WSBK 2021 dan MotoGP 2022, pelintasan balap satu ini sampai sekarang ini masih dengan status Subject to Homologation (STH) alias masih menanti homologasi. Homologasi ialah proses yang perlu dituruti untuk memperoleh lisensi circuit. Tiap circuit harus lulus homologasi saat sebelum melangsungkan balapan MotoGP dan WSBK.

Harga Tiket WSBK Sirkuit Mandalika Berkisar Rp700 Ribu-Rp19 Juta

Mengutip dari Trenoto, Harga Tiket World Superbike (WSBK) dibandrol mulai dari Rp 795 ribu hingga Rp 2.8 juta.

WSBK Mandalika sendiri sediakan ticket berdasar kelompok mencakup Red Tempat, Blue Tempat, Green Tempat, Purple Tempat, Yellow Tempat, dan Grey Tempat. Dan harga cukup bermacam dimulai dari Rp 795 ribu sampai Rp 2.delapan juta. Selainnya Melon Indonesia, MGPA bekerja bersama dengan IMI untuk membagikan ticket lewat faksi lain. Adapun kesempatan kali ini mereka sediakan beberapa paket khusus untuk pemirsa spesial.

Penyuplai ticket itu tawarkan tiga paket melihat balapan kelas dunia mencakup Sultan, Juragan dan Bos. Dari ketiga paket itu terhitung beberapa aktivitas lain selainnya melihat balapan. Mereka disebutkan cuman memperoleh porsi peruntukan 2.000 ticket. Paket itu tentunya mengarah golongan menengah atas karena banderolnya tambah mahal.

Detail dari Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika yang disebut teritori rekreasi selebar 1.035 hektar di Kabupaten Lombok tengah, NTB. Dibuat di atas tempat selebar 160 hektar, circuit Mandalika mulai dibuat di tahun 2018. Circuit Mandalika mempunyai design circuit jalan rata sejauh 4,32 km.Saat sebelum disahkan jadi circuit untuk MotoGP 2021, Mandalika sudah berdisi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharap menjadi perhatian wisatawan saat menentukan lokasi untuk berlibur.

Sirkuit Mandalika

Mandalika juga diperlengkapi dengan beragam sarana seperti 7 spot rekreasi alam dan beberapa hotel. Pembangunan Circuit Mandalika ini diserahkan ke Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang bekerja bersama dengan Vinci Construciton Grands Proyek (VCGP) yang disebut anak perusahaan konstruksi global dari Prancis.

Pembangunan circuit ini diprediksi akan selesai pada semester ke-2 tahun 2020 hingga dapat ditetapkan turut race Maret atau Oktober 2021.Ongkos pembangunan Circuit Mandalika ini diprediksi memerlukan investasi sejumlah Rp 4,54 triliun.

Baca Juga: Astra Investasi di Sayurbox dan Halodoc

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.