Cara Mulai Bisnis Budidaya Ikan Cupang

Ikan Cupang ialah ikan air tawar yang komunitas aslinya ada di sejumlah negara Asia Tenggara, satu diantaranya di Indonesia. Ikan cupang sendiri memiliki wujud dan watak yang unik dan condong agresif dalam menjaga daerahnya. Di kelompok fans, ikan cupang biasanya terdiri jadi tiga kelompok, yakni cupang hias, cupang pengaduan, dan cupang liar.

Salah satunya tipe ikan yang mudah untuk dipiara ialah ikan cupang hias karena tidak membutuhkan tempat atau lokasi yang luas untuk memiaranya. Selainnya sebagai hoby, memiara ikan cupang hias bisa juga jadi sebagai bisnis yang lumayan menjanjikan.
Ini kali Karja mengunjungi salah satunya anak muda di Kota Samarinda yang meniti usaha ikan cupang, yakni Fathur Rahman. Ia menjelaskan, bisnis budi daya ikan cupang ini lumayan banyak di Samarinda. Apa lagi pecintanya umumnya dari beberapa anak sampai orang dewasa, yang menyukai dengan performa dari ikan itu.

Fathur nama akrabnya, menjelaskan mengawali bisnis ikan cupang dari bulan Desember 2019. Dia pelajarinya secara otodidak berkenaan budi daya ikan itu, menyaksikan di zaman saat ini semua info sudah gampang dijangkau.

Ikan cupang tipe Avatar punya Fathur yang siap untuk ditawarkan. | Foto by Karja/Titiantoro
“Sekitaran bulan Desember tempo hari, sampai saat ini. Sebelunya pernah coba usaha ikan lohan, tetapi karena tempatnya yang tidak cukup dan besar ongkos pemeliharannya. Jadi berpindah ke ikan cupang,” katanya.

Fathur menerangkan, dalam upayanya ini dia akui dengan modal Rp 1 juta, untuk membudidayakan ikan cupang dari beberapa ekor sampai pada akhirnya jadi beberapa ratus ekor bibit.
“Jika untuk ikan cupangnya sendiri itu saya ada ngeluarkan modal sekitar 600 ribu, itu sudah bisa sekitaran 6 pasang ikan cupang dengan bermacam tipe. Terus bekasnya buat membeli ember, pakannya dan sebagainya. Dan saat ini sudah punyai bibitnya yang kecil-kecil itu,” terangnya.

Fathur sendiri dalam upayanya sediakan bermacam tipe ikan cupang, seperti Giant Koi, Avatar, Blue Rin, Halfmoon, Fancy Cooper, dan FCCP. Disamping itu, sambungnya, budi daya ikan cupang terhitung yang tak perlu lokasi yang luas dan waktunya cepat. Proses dari peneluran, penetasan, sampai ikan cupang itu siap untuk dipasarkan cukup memerlukan periode waktu sebulan.

“Jadi ikan cupang itu cepat, umumnya di usia empat bulanan siap kawin atau juga bisa disaksikan dari ada busa-busa di atas air. Umumnya kita sebutkan sobu, jika sudah ada sobunya dapat kita kawinkan dengan betinanya. Hanya kita saksikan ukuran betinanya, harus mencari ukuran yang serupa. Agar sama dengan jadi betinanya tidak kalah, begitupun dengan jantannya,” ucapnya.
Untuk range harga ikan cupang yang dipasarkan oleh Fathur, dari harga Rp 70 ribu s/d Rp 200 ribu per pasangnya dan bergantung dari kualitas ikan cupang itu.

“Jika per ekor kita jual sepasang sekitaran Rp 70 ribu, dan kita saksikan bagus apa enggaknya dan dapat sampai Rp 150 ribu atau Rp 200 ribu misalkan. Jika untuk penjualannya kita tawarkan melalui account sosial media, dan saat ini kan di Samarinda telah ada group Facebooknya komune ikan cupang jadi dapat kita sharing beberapa foto ikan kita di situ dan Instagramnya ,” katanya.

Karja bertanya berkenaan pemberian air dalam memiara ikan cupang, umumnya sebagian orang yang belum pahami dan yang kerap dijumpai dan dirasakan ialah ikan cupang itu cepat mati karena tidak pas. Fathur akan juga memberinya panduan langkah memiara ikan cupang dengan benar dan baik.

Beberapa macam ikan cupang punya Fathur yang digabung dengan daun ketapang, hingga membuat airnya di dalamnya jadi kecoklat-coklatan.
“Permasalahan air dalam perawatan ikan cupang. Kita umumnya gunakan daun ketapang, jadi daun ketapang itu kita bersihkan sampai bersih, kemudian kita rendam sama air garam sepanjang satu jam. Setelah itu dijemur kering, jika sudah kering kita rendam sama air keran dan kita endapkan itu tadi malam, karena pH airnya ikan cupang itu range 6,5-7,2. Disamping itu , juga bisa sama air hujan, Atau air galon, tetapi ya masih tetap diberi daun ketapang itu,” paparnya.

Bagaimana? Berminat untuk lakukan budi daya ikan cupang seperti Fathur? Tetapi awalnya, kalian harus memiara ikan cupang lebih dulu dengan panduan yang telah diberi oleh Fathur. Jika nanti hasilnya telah bagus, kalian bisa tuch naik ke tingkat selanjutnya untuk ditawarkan!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *